Selasa, 20 Maret 2012

TRIMARAN BUAH KARYA PUTRA-PUTRI BANGSA

Kapal Perang Trimaran Buatan Indonesia Kolom PemudaIndonesia akan segera memiliki kapal perang canggih berpeluru kendali. Kapal Perang ini dinamai Trimaran yang merupakan produk dalam negeri.
Kapal Perang Trimaran Buatan Indonesia Kolom PemudaKapal ini terbuat dari serat karbon, memiliki kecepatan 30knot(kurang lebih 50KM/Jam)dan dipersenjatai peluru kendali yang memiliki jarak tembak 120 kilometer konon katanya rudal C-705. Lima bulan kedepan kapal perang canggih yang merupakan prototipe itu langsung bisa dioperasionalkan dan memperkuat jajaran armada tempur TNI Angkatan Laut.
Kini TNI Angkatan Laut sudah memesan empat unit kapal, dalam lima bulan akan tersedia satu kapal sedangkan tiga unit sisanya akan segera dibangun secara bertahap hingga 2014. Satu unit kapal Trimaran ini dihargai sekitar Rp120 miliar.
Kapal ini merupakan Kapal Perang pertama yang dibuat dari serat karbon. PT Lundin Industry Invest, produsen kapal ini, telah melakukan ujicoba dengan hasil memuaskan.
Keberhasilan ini merupakan sejarah bagi Indonesia karena telah berhasil membuat kapal perang dengan komposit serat karbon dengan desain yang unik dan futuristik. Komposit serat karbon yang digunakan di kapal perang ini sama dengan yang digunakan di pesawat terbang airbus Boeing-777 dan mobil formula 1. Ketahanannya 20 kali lebih kuat dibandingkan baja. Nantinya Kapal Perang Trimaran akan dipatenkan dan diekspor.
Kapal cepat berpeluru kendali ini memiliki panjang keseluruhan 62,53 meter, panjang water line 50,77 meter, panjang water draft 1,17 meter, bobot mati 53,1 GT, kecepatan maksimum 30 knot, kecepatan jelajah 16 knot, dengan mesin utama 4X marine engines MAN nominal 1.800 PK. Perlu diketahui bahwa trimaran ini sendiri dirancang berdasarkan konsep STEALTH yang merupakan konsep mematikan didalam dunia militer yang juga dikenal dengan '' Sillent Killers''.

2 komentar: